PRISMA
Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020

Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Hedi Budiman ((Google Scholar ID _I9Xck4AAAAJ), Universitas Suryakancana)
Mia Rosmiati ((Google Scholar ID _I9Xck4AAAAJ), Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Teori belajar Van Hiele menjelaskan tingkatan berpikir anak dalam memahami konsep geometri. Penggunaan GeoGebra dalam penerapan teori belajar Van Hiele untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan Geogebra.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest and Postest Group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIIIĀ  di Kabupaten Cianjur. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan Geogebra lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori. Rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sikap siswa positif terhadap penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan GeogebraKata Kunci: Penalaran Matematis, Teori Belajar Van Hiele, GeoGebra

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...