Penerapan CSR kini telah menjadi suatu kegiatan strategis yang memiliki keterkaitan dengan pencapaian tujuan perusahaan dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat penerapan CSR secara benar dan konsisten. Salah satu perusahaan di luar industri yang dapat melaksanakan CSR adalah perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi, informasi, dan teknologi seperti Telkom. Selama ini yang terlihat praktik CSR pada perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan informasi di Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan core business mereka, melainkan hanya terlihat sebagai penggelembungan image terhadap stakeholder dan masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara detail isi laporan keberlanjutan PT Telekomunikasi Indonesia terkait dengan implementasi Corporate social responsibility (CSR). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif , yaitu data sekunder yang berasal dari website PT Telkom Indonesia, terutama untuk data laporan keberlanjutan perusahaan pada tahun 2008-2010. Berdasarkan uraian mengenai implementasi corporate social responsibility yang telah dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Penulis menyimpulkan bahwa TELKOM lebih memfokuskan pertanggungjawaban sosialnya dalam bidang pendidikan, kemitraan,dan isu lingkungan. Penulis melihat bahwa TELKOM ingin fokus pada tema besar CSR-nya yaitu “Membangun Indonesia Cerdas”. Kata Kunci : Corporate social responsibility, Stakeholder, laporan keberlanjutan
Copyrights © 2012