Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 1, No 1: Semester Ganjil 2012/2013

IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK

Adrid Ascarya Mugandhi (Unknown)
Eko Ganis Sukoharsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2012

Abstract

Penerapan  CSR kini telah menjadi suatu kegiatan strategis yang memiliki keterkaitan dengan pencapaian tujuan perusahaan dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan banyak  sekali  manfaat  penerapan  CSR  secara  benar  dan  konsisten. Salah  satu  perusahaan  di  luar  industri  yang dapat  melaksanakan CSR adalah perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi, informasi, dan teknologi seperti Telkom. Selama ini yang terlihat praktik CSR pada perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan informasi di Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan core business mereka, melainkan hanya terlihat sebagai penggelembungan image terhadap stakeholder dan masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara detail isi laporan keberlanjutan PT Telekomunikasi Indonesia terkait dengan implementasi Corporate social responsibility (CSR). Data  dalam  penelitian  ini  dianalisis  secara  kualitatif , yaitu  data sekunder yang berasal dari website PT Telkom Indonesia, terutama untuk data laporan keberlanjutan perusahaan pada tahun 2008-2010. Berdasarkan uraian mengenai implementasi corporate social responsibility yang telah dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Penulis menyimpulkan bahwa TELKOM lebih memfokuskan pertanggungjawaban sosialnya dalam bidang pendidikan, kemitraan,dan isu lingkungan. Penulis melihat bahwa TELKOM ingin fokus pada tema besar CSR-nya yaitu “Membangun Indonesia Cerdas”.   Kata Kunci : Corporate social responsibility, Stakeholder, laporan keberlanjutan

Copyrights © 2012