Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 1, No 1: Semester Ganjil 2012/2013

Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Yamaha (Study Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas brawijaya)

Diky Ari Pradipta (Unknown)
Christin Susilowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2012

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen (kepercayan atribut-objek, kepercayaan manfaat-atribut, kepercayaan manfaat-objek) terhadap terhadap loyalitas merek. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Alat analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan kepercayaan konsumen signifikan mempengaruhi loyalitas merek, dengan nilai F sebesar 35,400. Secara parsial kepercayan atribut-objek signifikan mempengaruhi loyalitas merek, sebesar 2,161. Kepercayaan manfaat-atribut signifikan mempengaruhi loyalitas merek, sebesar 4,294. Kepercayaan manfaat-objek signifikan mempengaruhi loyalitas merek, sebesar 3,064. Nilai ajusted R square sebesar 0,510. Kepercayan atribut-objek, kepercayaan manfaat-atribut, kepercayaan manfaat-objek, mempunyai hubungan positif atau searah dengan loyalitas merek. Kepercayaan manfaat-atribut dominan mempengaruhi loyalitas merek. Hasil penelitian dapat digunakan dalam strategi pemasaran, sebaiknya perusahaan memperhatikan kepercayaan konsumen untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas merek, terutama kepercayaan manfaat-objek, karena variabel ini dominan mempengaruhi loyalitas merek.   Kata-kata kunci : Kepercayaan Konsumen, Loyalitas Merek, Kepercayan Atribut-Objek, Kepercayaan Manfaat-Atribut, Kepercayaan Manfaat-Objek, Strategi Pemasaran.

Copyrights © 2012