Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K

ANALISIS PENGARUH CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA SCOOPY

Felix Semaun (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengetahui serta menganalisis (1). Pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian honda scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. (2). Besarnya pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy Di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi terdiri dari konsumen yang membeli honda scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang, dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan rumus Rumus Lemeshow. Jumlah sampel digenapkan menjadi 100 orang responden. Analisis data dilakukan mengunakan alat analisis setatistik melalui Program SPSS untuk melakukan Uji Regresi Linear Sederhana, Uji t dan Uji KoefisienDeterminasi. Hasil dari penelitian setelah di analisis diketahui bahwa: (1). ModelRegresi Linear Sederhana Y = - 0,798 + 1,372 X. tidak ada varibel Citra merek (atauvariabel Citra merek = 0) maka akan menyebabkan penurunan keputusan konsumen dalam pembelian Motor Honda Scoopy sebesar 0,798. Apabila terjadi penambahan satuan dalam variabel Citra merek (X) akan menyebabkan bertambahnya variabel keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy sebesar 1,372. (2). Diperoleh nilai t hitung = 49,318 dan Sig sebesar 0,00. Dimana nilai Sig sebesar 0,00 lebih kecil dari á 0,05 (Sig sebesar 0,00 < á 0,05, maka keputusan uji hipotesis dengan menerima Ha. Ini berarti terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang.(3). Koefisien korelasi r (Multiple R) sebesar 0,980 atau mendekati nilai 1, yang berarti antara faktor variabel Citra merek (X) memiliki hubungan yang secara positif dan signifikan serta kuat dengan variabel Keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. Hasil nilai R Square sebesar 0,961, yang berarti bahwa (0,961 x 100%) = 96,1% variabel Keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang dipengaruhi oleh variabel Citra merek (X). Sedangkan sisanya sebesar (diperoleh dari 100% - 96,1%) = 3,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar persamaan model regresi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih ...