Masalah yang diteliti adalah :peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD pada Lembaga Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang, dengan sub masalah upaya yang dilakukan dan faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang: peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD pada Lembaga Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang. Metode dalam penelitian inimenggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 (lima) orang, yaitu Kepala Sanggar Kegiatan Belajar, Pamong Belajar sebanyak 1 (satu) orang, tenaga pendidik PAUD binaan pada Sanggar Kegiatan Belajar sebanyak 2 (dua) orang. Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, digunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa cara pendidikan dan latihan yang dilakukan oleh Sanggar Kegiatan Belajar adalah mengikuti pelatihan APE di lingkungan sekitar, dan TOT Tenaga Pendidik PAUD. Koordinasi dalam dukungan manajemen yang dilakukan adalahvertikal koordinatifdengan Dinas Pendidikan sebagai mitra kerjasama dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada tenaga pendidik PAUD binaan. Faktor yang mempengaruhi pada aspek sumber daya tenaga pendidik jumlah tenaga pendidik Pada PAUD binaan Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang adalah sebanyak 22 orang. Semua tenaga pendidik PAUD berjenis kelamin perempuan. Untuk 1 (satu) PAUD memiliki 2 orang tenaga pendidik. Perilaku tenaga pendidik dalam peningkatan mutu tenaga pendidik PAUD hendaknya didasari oleh pengetahuan, kesadaran dan sikap positif yang sesuai dengan program pendidikan yang dilaksanakan oleh Pemerintah. Fasilitas penunjang terdiri dari sarana belajar dan media APE dan kondisi sarana yang ada sudah cukup memadai bila dibandingkan dengan banyaknya kegiatan dalam program tenaga pendidik PAUD yang menggunakan sarana penunjang didalamnya.
Copyrights © 2019