Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dihindari bagi wanita. Kosmetik awalnya merupakan salah satu produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan sekunder (secondary needs) telah menjadi suatu kebutuhan utama dan keharusan yang wajib dipakai oleh kaum wanita. Banyak wanita yang ingin memiliki kulit putih dan bersih. Dalam memilih produk kecantikan diketahui bahwa banyak pengaruh-pengaruh ekternal yang mempengaruhi mereka dalam memutuskan pembelian. Pond’s adalah salah satu dari berbagai produk kecantikan yang ada di Indonesia dibawah naungan perusahaan Unilever.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis varibel promosi, grup referensi, dan keluarga yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kecantikan Pond’s skin whitening pada wanita di Kota Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel bebas (X), antara lain variabel promosi (X1), grup referensi(X2), dan keluarga (X3), serta satu variabel terikatyaitu keputusan konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penemuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F menunjukkan variabel promosi (X1), grup referensi(X2), dan keluarga (X3), secara simultan berbengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesis II dengan menggunakan uji t menunjukkan variabel promosi (X1), grup referensi(X2), dan keluarga (X3)secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari pengujian hipotesis III menunjukkan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel promosi (X1) dengan nilai standardized coefficients (beta) sebesar 0,368 atau 36,8%.Kata Kunci : Promosi, Grup Referensi, Keluarga, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Konsumen
Copyrights © 2012