Al asma : Journal of Islamic Education
Vol 2 No 2 (2020): NOVEMBER

PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Miranda Utama (Universitas Balikpapan)
Tri Hariyati Nur Indah Sari (Universitas Balikpapan)
Nur Ismiyati (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal, penyesuaian diri, serta kemampuan verbal dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berasal dari 180 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan mendapatkan 125 siswa yang terlibat sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa. Selanjutnya, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,297 (Sig. > 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kemudian, hasil uji F menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan verbal dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Selain itu, faktor kondisi seperti perubahan kebiasaan siswa yang awalnya belajar secara tatap muka di sekolah berubah menjadi pembelajaran secara online dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar matematika siswa karena membutuhkan kesiapan dan penyesuaian diri yang matang pada siswa maupun pendidik. AbstractThe research aims to know the effect of verbal ability, self-adjustment, verbal ability and self-adjustment simultaneously toward student’s mathematic achievement. This research is ex-post facto research using a quantitative approach. The population came from 180 students of XI grade science class SMA Negeri 8 Balikpapan. This research used the Slovin formula and obtained 125 students involved a sample. This research used test and questionnaire as the instrument in this research. The data were analyzed using simple and multiple regression. The t-test result showed a significance value of 0,000 (Sig. < 0,05), so it could be concluded that there was an effect of verbal ability on students’ mathematic achievement. Next, the t-test result showed a significance value of 0,297 (Sig. > 0,05), so it could be concluded that there was no effect of self-adjustment on students’ mathematic achievement. Then, the F-test result showed a significance value of 0,000 (Sig. < 0,05), so it could be concluded that there was an effect of verbal ability and self-adjustment simultaneously on students’ mathematic achievement. Other than that, the condition factors such as changes in the habits of students who initially learn face-to-face at school turning into online learning can affect student achievement in mathematics learning because it requires mature readiness and adjustment in students and educators.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alasma

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Al asma : Journal of Islamic Education is a journal intended to accommodate all matters relating to the development of Islamic education knowledge. This journal specializes in education in the Islamic world and all things related to it. Hopefully through this journal the development of Islamic ...