Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika ideal pada materi barisan dan deret aritmetika yang didasarkan dari teori APOS yang praktis dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE. Subyek penelitian ini yaitu pengembangan LKS berbasis teori APOS pada materi barisan dan deret aritmetika. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan adalah lembar validasi LKS, untuk mengukur kepraktisan LKS adalah angket respon siswa, untuk mengukur keefektifan LKS adalah lembar penilaian skor siswa dalam menyelesaikan LKS, dan tes hasil belajar siswa untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi siswa pada materi barisan dan deret aritmetika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas LKS berada pada kategori valid, tingkat kepraktisan LKS berada pada kategori tingkat kepraktisan tinggi, dan tingkat keefektifan LKS berada pada kategori efektif, dan adanya peningkatan prestasi belajar sebesar 64,24 % dengan rata-rata nilai siswa sebesar 83,6. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah dikatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan prestasi siswa pada materi barisan dan deret aritmetika.
Copyrights © 2020