Tadbir Muwahhid
Vol. 3 No. 1 (2019): Tadbir Muwahhid

PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SEKOLAH ALAM UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN

Sri Wahyu Pujaningtyas (Universitas Djuanda Bogor)
Berliana Kartakusumah (Universitas Djuanda Bogor)
Zahra Khusnul Lathifah (Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

Peran pendidik dalam proses belajar mengajar yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik yakni dengan menjalankan salah satu tugas yang utama yakni pengelolaan pembelajaran. Kegiatan pengelolaan dan pengaturan pembelajaran yang sangat perlu dijalankan, diantaranya ialah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran. Penerapan peembelajaran model experiental di Sekolah Alam mengoptimalkan alam dan potensi lokal sebagai sumber belajar. Model pembelajaran Experiential merupakan model pembelajaran yang menjdi salah satu model yang diterapkan pada sekolah alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran model experiential pada sekolah alam, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran di SD Alam Cikeas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dngan metode Studi Kasus. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus ini digunakan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan serta untuk memperoleh makna yang mendalam mengenai pengelolaan pembelajaran model experiential. Penyusunan perencanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran experiental di SD Alam Cikeas menjadi tugas dan tanggungjawab setiap guru kelas, dibuat dengan berpedoman pada kuriikulum Pendidikan Nasional dan kurikulum sekolah alam. Model experiential dilaksanakan dengan mengoptimalkan alam dan potensi lokal yang tersedia di lingkungan SD Alam Cikeas sebagai sarana dan sumber dalam kegiatan belajar. Kegiatan pembelajaran tersebut diantaranya berkebun, outbond, mengolah sampah. Evaluasi hasil belajar dilaksanakan setelah kegiatan berakhir dengan memberikan worksheet, melalui hasil karya, wawancara, selain itu melalui penilaian aktivitas gerak peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JTM

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being ...