Tadbir Muwahhid
Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Ta'dibi

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL DI PESANTREN PERTANIAN DARUL FALLAH BOGOR

Muhammad Rendi Ramdhani (LPPM)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill di pesantren pertanian Darul Fallah Bogor dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan life skill di pesantren pertanian Darul Fallah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan life skill di pesantren pertanian Darul Fallah melalui dua pendekatan: 1) Pembenahan sistem pendidikan yang menerapkan kurikulum integratif, Kemenag, kemendiknas, keterampilan lokal (materi pertanian, peternakan, perikanan, teknologi tepat guna dan lain-lain) dan kurikulum pesantren, dengan sistem pembelajaran yang memadukan teori dan praktik, 2) Melalui program-program khusus kepesantrenan yang menunjang dalam mengembangkan skill santri pada aspek: (a)personal skill, (b)sosial skill, (c)academic skill, (d)vocational skill. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan life skill di pesantren Darul Fallah diantaranya, 1) faktor pendukung: visi dan falsafah kehidupan pesantren, tersedianya guru yang kompeten/ahli, sarana prasarana yang memadai, dan hubungan kerja sama yang baik dengan pihak pengusaha/UKM. 2) faktor penghambat: perbedaan mindset santri, kerusakan pada sarana, dan minimnya alokasi waktu (jam belajar) disebabkan formalitas pendidikan dengan berbagai suprasystem yang ada.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JTM

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being ...