Telaga Bahasa : Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan
Vol 2, No 1 (2014): TELAGA BAHASA VOL.2 NO.1 TAHUN 2014

PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA, KABUPATEN MAROS [Effect of Group Discussion Method towards The Speaking Skills of Bahasa Indonesia of Eight Grade students of SMPN 2 Cenrana, Maros Recency]

A Hamzah Fansury (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran pengaruh metode diskusi kelompok terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana, Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan independent t-test sebagai alat ukur penelitian guna mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari metode diskusi kelompok terhadap kemampuan berbicara. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cenrana, Kabupaten Maros sebanyak 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah random sampling. Jadi jumlah sampel yang digunakan 40 orang dan dibagi menjadi 20 orang tiap kelasnya. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan SPSS 16 untuk windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan yang diberikan metode diskusi kelompok terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMPN 2 Cenrana Kab. Maros. This study aimed to obtain information about the effectiveness of  group discussion method to bahasa Indonesia speaking skills of  students Eight Grade students of  SMPN 2 Cenrana . This research is a quantitative study . The method used is a quasi experimental design. This study using independent t - test as a measurement tools to determine any significant effect of group discussion method to speaking skills. The population was students of  SMP 2 Cenrana grade VIII , consist of 63 students. Sampling technique used in this research is  random sampling . The sampling used 40 students that was divided into two classes. Data were analyzed by using SPSS 16 for windows. Based on the research results obtained ,the researcher concluded that there is a significant effect given by the group discussion method to students speaking ability of SMP 2 Cenrana. Maros regency.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

telagabahasa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TELAGA BAHASA adalah jurnal yang bertujuan memublikasikan hasil-hasil penelitian Bahasa Sastra, baik bahasa Indonesia, daerah, maupun asing. Seluruh artikel yang terbit telah melewati proses penelaahan oleh mitra bestari dan penyuntingan oleh redaksi pelaksana. TELAGA BAHASA diterbitkan oleh Kantor ...