Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 SILANGKITANG KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Zunaidy Abdullah Siregar (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh model pembelajran Numbered Head Together, dan pembelajaran konvensional terhadap karakter siswa pada materi Sistem Pernapasan di kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan populasi penelitian sebanyak 3 kelas dan 2 kelas sebagai sampel penelitian yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas sebagi kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan karakter, sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 40 soal dalam bentuk pilihan berganda dan Tes karakter disiplin siswa. Hasil Pretests belajar biologi siswa dikelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi 57 dan terendah 33 dengan rata-rata nilai standart deviasi 39.58

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...