Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kecakapn sosial siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (hasil belajar dan kecakapan sosial siswa). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hipotesis dengan uji-t untuk mengetahui hasil belajar dan kecakapan sosial siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar dari tes yang berkonten biologi dan data kecakapan sosial dari angket. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar dan kecakapan sosial siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry berpengaruh secarasignifikan terhadap hasil belajar biologi siswa dan kecakapan sosial siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Rantauprapat
Copyrights © 2019