Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep (MindMapping) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI padaMateri SelDi Madrasah Aliyah SwastaIslamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat kuasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Madrasah AliyahSwasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlahtotal 62 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini merupakanpopulasi penelitian. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design, yaitu:Kelas pertama diajarkan dengan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) jumlah 32siswa, dan kelas kedua diajarkan dengan pembelajaran konvensional, yakni ceramah-tanyajawab jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berjumlah 36 soalpilihan berganda yang telah valid. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji tdengan melihat perbandingan hasil belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitianini diperoleh bahwa: Terdapat terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep (MindMapping) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa padaMateri Sel Di Madrasah Aliyah SwastaIslamiyah Subulussalam Sumberejo, yaitu: hasil belajar siswa yang diajarkan dengan MetodePembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar =77,18 lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajarankonvensional dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 67,75.
Copyrights © 2018