Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

Hubungan Pengetahuan K3 dengan Hasil Praktikum Mahasiswa di Workshop Konstruksi Teknik Sipil FT UNP

Zulkifli Gusti Arianto (Teknik Sipil)
Nurhasan Syah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019, (2) Mengetahui seberapa tinggi hasil praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019, (3) mengetahui hubungan pengetahuan K3 dengan hasil praktikum Mahasiswa di Workshop konstruksi Teknik Sipil FT UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jumlah responden penelitian ini berjumlah 60 orang dari total sampel. Instrumen penelitian berupa tes. Validasi instrumen diuji dengan expert judgement dan persentase skor untuk menilai data dan analisis butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis dan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengetahuan K3 Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persentase skor sebesar 80,94%. Hal ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019 memiliki pengetahuan dasar yang tinggi mengenai K3, (2) Hasil praktikum Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persentase skor yang tinggi yaitu 81,25%, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan K3 dengan hasil praktikum Mahasiswa di Workshop Teknik Sipil FT UNP. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,483 dan termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...