Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNP SEBAGAI CALON GURU DI ABAD 21

Nanang Ferdiansyah (Pendidikan Teknik Bangunan)
Revian Body (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini tentang Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP Sebagai Calon Guru di Abad 21. Latar belakang penelitian ini adalah adalah berdasarkan hasil angket dengan mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP yang telah melaksanakan PLK. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesiapan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP sebagai calon guru di abad 21. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang telah melaksanakan PLK berjumlah 78 mahasiswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 mahasiswa yang sudah di analisis menggunakan rumus Yamane yang di ambil dari populasi. Data penelitian dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP Sebagai Calon Guru di Abad 21 tergolong baik, dengan hasil Derajat Pencapaian (DP) dari seluruh sub indikator sebesar 83,19%. Dengan demikian, Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP memiliki kesiapan yang baik Sebagai Calon Guru di Abad 21.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...