Journal of Informatics and Vocational Education
Vol 3, No 2 (2020): Journal of Informatics and Vocational Education

KREATIVITAS PEMBELAJARAN DARING UNTUK PELAJAR SEKOLAH MENENGAH DALAM PANDEMI COVID-19

Dzulfiqar Restu Afghani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2021

Abstract

Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah melalui sistem dalam jaringan (daring). Dengan menggunakan sistem daring teknologi mendorong siswa agar bisa lebih inovatif dan kreatif dalam belajar (student centered learning).penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis wawasan lebih tentang pendidikan kreatif melalui media pembelajaran daring yang berhadapan langsung di masa pandemic covid-19. 2) Mendeskripsikan seberapa tinggi kekreatifan peserta didik dalam berpikir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian referensi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan perpanjangan waktu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode komparasi konstanta. Hasil penelitian ini ada dua 1) Mengetahui pentingnya kreativitas siswa dalam pembelajaran daring 2) Strategi mengatasi masalah bagi siswa yang memiliki keterbatasan ruang untuk memperoleh kreativitas pendidikan daring di saat pendemi covid-19Kata kunci: covid-19, kreativitas , pembelajaran daring

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

JOIVE is a peer-reviewed journal providing a forum for presenting the latest original research results and developments in the fields of informatics and applied computer science education. The journal promotes discussion among researchers, students, and practitioners in informatics and practical ...