Journal of Informatics and Vocational Education
Vol 2, No 3 (2019): Journal of Informatics and Vocational Education

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE ROBOMIND PADA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 7 SURAKARTASMK NEGERI 1 BANYUDONO

Ismi Amrina (Unknown)
Maf'ulah Maf'ulah (Unknown)
Agus Efendi (Unknown)
Basori Basori (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media software RoboMind dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media software RoboMind pada mata pelajaran Pemrograman Dasar, (2) penggunaan media software RoboMind pada pembelajaran Pemrograman Dasar lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media software RoboMind untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 7 Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media software RoboMind dan yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media software  RoboMind pada mata pelajaran Pemrograman Dasar (thitung: 2,085 > ttabel: 1,99962). (2) Penggunaan media software RoboMind pada pembelajaran Pemrograman Dasar lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media software RoboMind untuk   meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X paket keahlian Multimedia di SMK Negeri 7 Surakarta (thitung: 3,517 > ttabel: 1,99962).Kata kunci : efektivitas, media pembelajaran, RoboMind, Pemrograman Dasar, kemampuan kognitif, gain ternormalisasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

joive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

JOIVE is a peer-reviewed journal providing a forum for presenting the latest original research results and developments in the fields of informatics and applied computer science education. The journal promotes discussion among researchers, students, and practitioners in informatics and practical ...