JKMM
Vol. 1 No. 1: Januari 2018

EFEK MIXTURE MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUANG RAWAT IN RUMAH SAKIT UMUM HAJI MAKASSAR 2017

Nurul Anisa (Unknown)
Darmawansyah Darmawansyah (Unknown)
Syamsiar S. Russeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2020

Abstract

Rumah sakit saling bersaing dalam memberikan pelayanan jasa kesehatannya kepada masyarakat. Penelitian inibertujuan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi bauran pemasaran terahadap loyalitas pasien di RuangRawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji,Makassar. Jenis penelitian ini adalah survey analitikdengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Instalasi Rawat InapRSUD Haji, Makassar. Sampel penelitian sebanyak 208 pasien yang ditentukan berdasarkan teknik penyampelanpurposif. Metode analisis data yang digunakan adalah chi square dan regresi logistik berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa ada pengaruh variabel product (p=0.00), place (p=0.00), price (p=0.00), promotion(p=0.006), people (p=0.001), costumer servic e(p=0.00) dan performance (p=0.00). Tidak ada pengaruh variabelprofessional (p=0.124) dan process (p=0.485). Berdasarkan hasil uji regresi logistik berganda secara bersamaandiperoleh bahwa product merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inapRSUD Haji, Makassar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkmmunhas

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal JKMM mempublikasikan artikel berdasarakan hasil penelitian orisinil yang terkait dengan kesehatan masyarakat dan atau disiplin ilmu yang terkait namun belum pernah dimuat serta dipublikasikan di media manapun. Cakupan ilmu artikel yang diterbitkan di jurnal ini meliputi, Keselamatan dan ...