JKMM
Vol. 1 No. 3: Agustus 2018

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JKN-KIS DI BAGIAN RAWAT JALAN RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA PERSPEKTIF PELANGGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

Zilfadhilah Arranury (Unknown)
H. Indar (Unknown)
Ridwan M. Thaha (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Kualitas pelayanan pada dasarnya terkait dengan pelayanan yang baik, yaitu suatu sikap atau cara karyawandalam melayani pelanggan atau masyarakat secara memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta JKN-KIS di bagian rawat jalan RSUDSyekh Yusuf Kabupaten Gowa dari perspektif pelanggan eksternal. Jenis penelitan yang digunakan adalahpenelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasienpeserta JKN-KIS di bagian rawat jalan sebanyak 54.489 pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian inimenggunakan teknik accidental sampling dengan besar sampel 369 orang. Analisis data yang dilakukan adalahunivariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan kualitaspelayanan variabel kehandalan (p= 0,032), jaminan (0,000), bukti fisik (0,027), empati (0,001), dan dayatanggap (0,000) terhadap kepuasan pasien di bagian rawat jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun2018. Diharapkan semua variabel kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien lebihdiperhatikan dan dijadikan tolak ukur dalam peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkmmunhas

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal JKMM mempublikasikan artikel berdasarakan hasil penelitian orisinil yang terkait dengan kesehatan masyarakat dan atau disiplin ilmu yang terkait namun belum pernah dimuat serta dipublikasikan di media manapun. Cakupan ilmu artikel yang diterbitkan di jurnal ini meliputi, Keselamatan dan ...