Kredit adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan untukdisalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Fungsi kredit erat kaitannya denganpemenuhan kebutuhan hidup atau sebagai penambahan permodalan pengembangan usahayang dilakukan oleh masyarakat. Dalam data pinjaman tahun 2013 yang dilakukan oleh Bankumum dan BPR jumlah pinjaman yang dikeluarkan untuk UMKM hampir mencapai setengahdari total pinjaman yang dikeluarkan oleh Bank yakni sebesar 45,72%. Oleh karena itu,dibutuhkan sistem pengendalian untuk menilai pelaksanaaan pengawasan intern sertamengetahui kebijakan manajemen bank dalam menjalankan tugasnya Objek penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah proses pemberian kredit pada UMKM yang meliputiprosedur permohonan kredit, realisasi kredit, serta pembayaran angsuran kredit. Lokasipenelitian dilakukan pada PT BPR Nusumma Jatim yang bertempat di Tebuireng-Jombang.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan prosespengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskanbahwa PT BPR Nusumma Jatim telah memiliki SPI yang baik dan sesuai dengan prosedurketentuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Hanya saja terdapat beberapa bagian yangmasih merangkap dengan bagian lain. Ditemukan juga adanya ketidakkonsistenan antaraprosedur yang berlaku dengan kenyataan yang terdapat dilapangan untuk hal-hal tertentuseperti prosedur pemberian kredit dengan jumlah kurang dari Rp 5.000.000.Kata kunci: Sistem Pengendalian Intern, SPI, Evaluasi sistem, UMKM, Pemberian kredit,Bank, BPR
Copyrights © 2013