Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Evaluasi pelatihan peningkatan kompetensi TIK Pustekkom untuk guru di Papua dan Papua Barat

Defrian Putut Wasitto (Teknologi Pendidikan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi pelatihan berdasarkan dari komponen e-learning yaitu resource support issue dan evaluation issue dari pelatihan peningkatan kompetensi TIK yang diadakan oleh PUSTEKKOM. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi sumatif dan hal yang dievaluasi mengacu dengan komponen e-learning yang dikemukakan oleh Badrul Khan. evaluasi ini dilakukan atas dasar menelaah laporan pelaksanaan pelatihan yang mana didapati berbagai macam masalah ketika pelaksanaan pelatihan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner, wawancara dan observasi non partisipan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa hampir semua peserta merasa layanan yang diberikan oleh pustekkom sudah baik, dan sistem evaluasi yang dilakukan sudah cukup baik. Kata kunci : Evaluasi, Evaluasi pelatihan, e-learning, Badrul Khan, Evaluasi peningkatan kompetensi TIK PUSTEKKOM

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...