Penelitian ini didasari oleh proses penilaian guru terhadap tingkat keaktifan seorang siswa.Pada SMA Negeri 1 Sigli penentuan tingkat keaktifan siswa masih dilakukan dengan caramanual dengan hanya melihat dari hasil belajar tanpa melihat proses belajarnya, sehinggasering terjadi kesalahan dalam menentukan siswa yang mempunyai tingkat keaktifanbelajar yang tertinggi. Pembuatan sistem pendukung keputusan penilaian keaktifan siswamemiliki tujuan menerapkan dan menguji tingkat akurasi metode fuzzy logic dalam kasuspenilaian keaktifan siswa SMA Negeri 1 Sigli. Penilaian keaktifan siswa ini menggunakankriteria-kriteria antara lain kegiatan menulis, kegiatan menggambar, kegiatan emosional,kegiatan kelompok (presentasi) dan kegiatan mental. Ada tiga tahapan dalam prosespenilaian menggunakan metode fuzzy logic yaitu fuzzifikasi, penalaran dan defuzifikasi.Hasil akhir penilaian keaktifan siswa ini akan menjadi panduan guru dalam mengoptimasiproses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019