Jurnal Real Riset
Vol 2, No 2 (2020): Edisi Khusus 2020

PENGARUH CUSTOMER SERVICE DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (TBK) CABANG SIGLI KABUPATEN PIDIE

Muhammad Nur, Boihaki (UNIVERSITAS JABAL GHAFUR)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dimana variabel independen yaitu Customer service (X1) dan Relationship Marketing (X2) dan Kepuasan Nasabah (Y)sebagai variabel dependen nya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan PT. Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Cabang Sigli Kabupaten Pidie yang mana jumlahnya 100 nasabah. Seluruh populasi dalam penelitian ini diambil sebagai Sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisi sregresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 3,838+ 0,422 X1+ 0,426 X2. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel Relationship(X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 42,6% terhadap Kepuasan nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Cabang Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Costumer Service (X1) dan Relationship (X2) terhadap Kepuasan nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Cabang Sigli Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 81,1% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel Pengembangan variabel Costumer Service (X1) dan Relationship (X2) sebesar 65,7% ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Cabang Sigli Kabupaten Pidie dan sebesar 34,3% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...