Jurnal Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Annaba' STIT Muhammadiyah Paciran

Pengaruh Penerapan Media Benda Asli Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I II Di MI/SD

Idzi’ Layyinat (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Abstrak: Pada suatu lembaga pendidi kan yang bersifat formal seperti Madrasah, keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode maupun media yang bervariasi dalam meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Penerapan Media Benda Asli Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah. Penelitian yan g digunakan yakni eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas III sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa berdasarkan random sampling dan hasil observasi penulis terhadap siswa kelas III mengenai rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika . Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes ( pre - test dan post - test ). Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus tes “t ” untuk sampel kecil yang saling berhubungan. Hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan media benda asli pada mata pelajaran Matematika tergolong baik. Hasil belajar siswa pada pos - test mengalami peningkatan skor mean jika dibandingka n dengan pre - test. Sedangkan untuk uji perbandingan didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t tabael 1% dan 5% adalah 2 , 7 8 dan 2 , 0 6 yang diperoleh dalam perhitungan (t o ) adalah 16,23 . Sehingga pada penilitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh pe nerapan media benda asli terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI/SD.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ANNABA adalah jurnal berkala STIT Muhammadiyah Paciran yang terbit dua kali dalam satu tahun, Maret dan september. Dewan penyunting menerima sumbangan tulisan berupa kajian analisis atau hasil penelitian seputar pendidikan, baik dari sudut pandang Islam ataupun konvensional dengan panjang tulisan 15 ...