Abstrak: Pada suatu lembaga pendidi kan yang bersifat formal seperti Madrasah, keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode maupun media yang bervariasi dalam meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Penerapan Media Benda Asli Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah. Penelitian yan g digunakan yakni eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas III sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa berdasarkan random sampling dan hasil observasi penulis terhadap siswa kelas III mengenai rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika . Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes ( pre - test dan post - test ). Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus tes “t ” untuk sampel kecil yang saling berhubungan. Hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan media benda asli pada mata pelajaran Matematika tergolong baik. Hasil belajar siswa pada pos - test mengalami peningkatan skor mean jika dibandingka n dengan pre - test. Sedangkan untuk uji perbandingan didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t tabael 1% dan 5% adalah 2 , 7 8 dan 2 , 0 6 yang diperoleh dalam perhitungan (t o ) adalah 16,23 . Sehingga pada penilitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh pe nerapan media benda asli terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI/SD.
Copyrights © 2018