Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Nilai karakter siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dengan menerapkan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter di kelas XI IPS 1 SMAN 21 Medan, (2) Hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dengan menerapkan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter di kelas XI IPS 1 SMAN 21 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di SMA Negeri 21 Medan T.A. 2013/ 2014. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan lembar observasi nilai karakter siswa dan komunikasi tidak langsung seperti laporan pengamatan siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter dapat meningkatkan nilai karakter siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup sebesar 73,67% dari hasil siklus I menjadi 82,57% pada siklus II, (2) Penerapan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup sebesar 78,79% dari hasil siklus I menjadi 90,91% pada siklus II.Kata Kunci: Model Pembelajaran Geografi, Penguatan Karakter, Hasil Belajar, Lingkungan Hidup
Copyrights © 2015