Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Karangasem. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 1 Karangasem kelas 3 sampai kelas 6. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah total sampling atau teknik sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari total 97 siswa diketahui bahwa untuk aspek perasaan siswa ketika membaca 24 siswa merasa senang ketika menemukan buku yang ingin dibaca, dan sebagian besar, yaitu 73 siswa merasa senang ketika membaca di perpustakaan. Ketika tidak tersedianya bahan bacaan sebagian besar siswa merasa biasa saja. Mengenai intensitas membaca, 48 siswa melaksanakan membaca sebanyak 3 kali dalam seminggu, dilihat dari buku kunjungan dalam 1 tahun ajaran. Setiap minggunya siswa membaca 2-3 buku, namun tidak semunya habis dibaca. Selain buku, siswa juga membaca bahan bacaan lainnya, seperti majalah. Siswa membaca majalah antara 1-5 majalah tiap minggunya. Frekuensi mengunjungi perpustakaan, 56 siswa meluangkan waktu untuk mengunjungi perpustakaan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Buku cerita yang dibaca siswa adalah buku dongeng bergambar. Dari 97 siswa responden, sebanyak 67 siswa menyuki dongeng bergambar. Tema yang disenangi adalah tema cerita rakyat. Untuk buku pengetahuan umum yang dibaca siswa, sebagian besar mereka membaca buku ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan alasan banyaknya gambar-gambar yang terdapat pada buku.
Copyrights © 2019