Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi guru kelas menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar di UPT SD Negeri 035 Awo-awo Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu Sekolah Dasar di UPT SD Negeri 035 Awo-awo Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan jumlah guru sebanyak 8 (delapan) orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Tematik. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan melakukan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan bimbingan dari peneliti. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Tematik. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dari siklus ke siklus . yaitu terjadi peningkatan sebesar 16,00% dari siklus pertama kesiklus kedua.
Copyrights © 2020