Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 3 (2020): DIDAKTIKA Agustus 2020

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Tematik Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing pada Peseta Didik di Sekolah Dasar

Irmawati Irmawati (UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah:untuk mengetahui apakah meningkatkan hasil belajar tematik Subtema Perjuangan Para Pahlawan melalui menerapkan pembelajaran koperatif tipe Role Playing pada peserts didik Kelas IV UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserts didik Kelas IV UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar peserts didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (37,50%), siklus II (70,83%), siklus III (87%50). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran koperatif tipe Role Playing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Peserts didik Kelas IV UPT SD Negeri 240 Poreang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...