Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 2 No. 2 (2020): JPDK

MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF ANAK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL DI DAERAH PESISIR

Sahrestia Kartianti (Universitas Hein Namotemo)
Frandian Laluba (Universitas Hein Namotemo)
Sau Tjepa (Universitas Hein Namotemo)
Richard Laluba (Universitas Hein Namotemo)
Krisdayanti Halimongo (Universitas Hein Namotemo)
Yoksan Balitang (Universitas Hein Namotemo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Perilaku agresif muncul pada saat stimulus dan respon bertindak secara bersamaan. Perilaku agresif berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan karakter anak, sehingga diperlukan upaya untuk mereduksi perilaku tersebut. Hal tersebut tidak hanya terjadi di daerah perkotaan saja, melainkan di daerah pesisir yaitu daerah Gonga Pantai, kecamatan Tobelo Timur, kabupaten Halmahera Utara provinsi Maluku Utara. Di daerah Gonga Pantai, perilaku anak cenderung menunjukkan perilaku agresif dalam proses interaksi sosialnya dengan orang lain. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perilaku agresif anak usia 7-9 tahun sangat rentan seperti memukul, memaki ,mencubit, menendang, dan menghina. Mereduksi perilaku agresif pada anak dapat dilakukan melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan-permainan tradisional Halmahera Utara. Permainan tradisional yang digunakan yaitu perang nama, leng kali leng, tuan dosi, jilo-jilo dan gate-gate kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi perilaku agresif anak melalui bimbingan kelompok dengan permainan tradisional di daerah pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-post test. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi penuruan skor pada saat setelah diberi perlakuan (post test) bimbingan kelompok dengan permainan tradisional. Hasil Uji t sebesar 6,8374 >0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...