Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 1 No. 1 (2019): JPDK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SORT KELAS V SDTI 030 BATU BELAH

Rosdiana Sri Delfi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Zulhendri Zulhendri (Universitas Pahlawan Tuanku tambusai)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk meningkatan keterampilan menulis siswa kelas V SD TI 030 Batu Belah. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 7 orang, dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi di kelas V SD TI 030 Batu Belah pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 70,05. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 12 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 60,00%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 81,05 dari 20 orang siswa terdapat 17 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan model Active Learning teknik Card Sort dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas V SDN TI 030 Batu Belah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...