Agen bus Ayu adalah salah satu agen bus yang pengelolaan data dan sistem informasi pemesanan dan pembayarannya masih manual. Dalam menjalani fungsi sebagai pengelolaan sistem informasi yang cepat, tepat, akurat dan seefektif mungkin, masalah yang sering terjadi pada agen bus Ayu adalah lamanya melakukan pembayaran, duplikasi data karena proses pendataan masih menggunakan media kertas yang banyak untuk menyimpan data, data mudah hilang, memerlukan waktu yang lama dalam membuat laporan. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi agar dapat mempermudah pengolahan data yang sedemikian banyak dan rumit dengan cepat dan akurat. Sering adanya kesalah pahaman antara pihak customer dengan pengurus agen bus Ayu dalam urusan pemesanan dan pembayaran tiket bus, diperlukan penelitian perancangan sistem pemesanan dan pembayaran tiket bus berbasis komputerisasi. Tujuan penelitian adalah agar tersedianya sistem informasi pemesanan dan pembayaran tiket mudah diakses secara online, dan tidak lagi menggunakan sistem manual. Sehingga pelayanan kepada customer dapat di proses lebih mudah,cepat dan akurat. Perancangan pengembangan system menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan: Analisa kebutuhan dan definisi, rancangan aplikasi dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian aplikasi, serta perawatan.
Copyrights © 2019