Jurnal Ilmiah Al-Hadi
Vol 6 No 1 (2020): Juli - Desember

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( DALAM KAJIAN AQIDAH AKHLAK)

Tumiran Tumiran (Fakultas Agama Islam dan Humaniora , Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2020

Abstract

Model Creative Problem Solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pembelajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan ketrampilan. Model pembelajaran Creative Problem Solving siswa dapat berdiskusi kelompok, kerjasama, mandiri, memberikan ide-ide pemikiran tentang suatu konsep serta dapat mengaplikasikan melalui pembelajaran akidah akhlak yang dimana mereka lebih sopan santun, menjaga kebersihan, memberi salam, serta bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan baik itu di dalam kelas mau pun diluar kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa berdampak lebih baik karena guru membuat system belajar siswa berkelompok kecil 4-5 orang perkelompok, dan guru menjelaskan prosedur solusi kreatif kepada peserta didik permasalahn, ilustrasi, problematis, dan tugas, pengumpulan data dan verifikasi mengenai suatu peristiwa dan siswa mencari informasi dan menjawab pertanyaan, peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat (brain storming), baik berdasarkan pengalaman dan pengetahuan peserta didik, membaca referensi, maupun mencari data/informasi dari lapangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alhadi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Al-Hadi is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies. Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in ...