INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi
Vol. 1 No. 2 (2020): INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Santriwati SMA AL Wafi Islamic Boarding School

Suworo, Suworo (Unknown)
Fajri, Chotamul (Unknown)
Sairin, Sairin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Salah satu penyebab merosotnya kualitas Masyarakat Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, yang dalam hal ini dapat diartikan sebagai kurang efektivitasnya proses pembelajaran yang dikembangkan di sebuah lembaga. Penyebabnya adalah berasal dari siswa itu sendiri, metode yang diterapkan, lingkungan belajar dan faktor lainnya. Minat motivasi siswa yang rendah kemudian keterbatasan sarana dan prasarana akan menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dan efesien yang akan memberikan dampak negatif bagi output lembaga yang bersangkutan. Pesantren Al wafi dibentuk memiliki visi membentuk generasi muslim yang memiliki kesadaran tinggi.Melihat perkembangan santri yang sangat bagus, pihak manajemen melakukan perbaikan terus menerus dengan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan ekspektasi santri dan orang tua.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan santriwati SMA AL Wafi Islamic Boarding School. Untuk mendapatkan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada santriwati kelas X, XI dan XII SMA Al Wafi Islamic Boarding School tahun 2019. Metoda yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik sample jenuh sebanyak 67 santri. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan Santriwati dengan persamaan regresi Y= 12,063 + 0,794 X1, dengan nilai korelasi sebesar 0.565, artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat. Uji Hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 5,514 > 1.99773. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Santriwati SMA AL Wafi Islamic Boarding School. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan Santriwati

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

invest

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in September 2020. The ...