Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol 2 (2017): Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

Problematika Pembelajaran Al-Quran dengan Metode Tilawati

Dainuri, Dainuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Sebagai seorang muslim pembelajaran al-Qur’an tentu harus dilakukan sejak dini, denganharapan mendorong anak untuk ta’at menjalankan ajaran agamanya dalam kehidupan seharihari dan menjadikan agama sebagai landasan etika dan moral dalam kehidupan pribadi. Dalamproses mengajar Al-Qur’an, banyak menggunakan berbagai metode. Salah satunya metodetilawati. Penggunaan metode tilawati ini, bertujuan untuk mempermudah belajar santri dalamhal membaca. Belajar merupakan suatu kegiatan yang harus atau wajib dilakukan bagi setiaporang islam, baik itu masih anak-anak, atau bahkan sudah tua renta sekalipun. Terlebih lagidalam mempelajari Al-Qur’an. Metode merupakan cara yang digunakan untukmengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yangtelah disusun tercapai opltimal, metode dapat digunakan untuk mempermudah seorang gurudalam mengajar. Adapun mengajar merupakan alat utama bagi guru sebagai pendidik danpengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran sebagai proses pendidikan dikelas. Prosesbelajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru danmurid atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untukmencapai tujuan tertentu. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Penulismemakai pendekatan ini karena penelitian ini bersifat “naturalistik” artinya penelitian ini terjadisecara alami, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya,menekankan pada deskripsi secara alami Banyak problematika pembelajaran al-quran denganmetode tilawati yang ada di masjid nurul adha surabaya mulai dari peroblem yang berhubungandengan tingkat pengetahuan anak didik (santri). Problematika yang berhubungan dengan tingkatpenguasaan materi Problematika dan problem yang berhubungan dengan pengelolaan kelasdan metode mengajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...