Pemrosesan informasi dalam pembelajaran Anak Usia Dini (AUD) memerlukan strategi dan carayang tepat dengan menyelaraskan tahapan perkembangan usia anak. Mengembangkankapasitas anak secara bertahap untuk memproses informasi sehingga memungkinkan untukmemiliki pengetahuan dan keterampilan yang kompleks. Anak dalam perkembangannyamembutuhkan ruang berpikir yang dapat memenuhi upaya memahami dirinya, keluarganya danlingkungannya dalam multidimensi dan multiarah.Informasi yang diperoleh dan diproses dariwaktu ke waktu tidak hanya terhenti dalam memori jangka pendek saja akan tetapi dapatmengendap dan terefleksikan dalam memori jangka panjang anak sehingga dapat teraktualisasidalam bentuk tindakan dan perilaku sehari-hari. Pembelajaran bermakna diperlukan untukmengubah informasi menjadi pengetahuan adalah penting bagi anak. Mengolah pengetahuanyang didapatkan dari sebuah pemrosesan informasi membutuhkan strategi pembelajaran yangmenyenangkan dan bermakna bagi anak. Kegiatan berkisah (Storytelling) sebagai mediapembelajaran sangatrelevan bagi AUD. Berkisah mengajak anak-anak tidak hanya memusatkanperhatian kepada penyampai kisah akan tetapi padapemrosesan informasi akan berjalan lebihefektif dan membawa pengetahuan ke dalam lingkup memori jangka panjang anak danmemaksimalkan kerja otak. Artikel ini mengupas tentang pembelajaran bermakna melaluikisahpada anak usia 4-6 tahun di TK Laboratorium Belia IKIP Veteran Semarang
Copyrights © 2018