Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol 3 (2018): Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

Metode Bercerita dengan Media Boneka untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini

Handayani, Iys Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Bercerita menggunakan media boneka untuk anak usia dini merupakan kegiatan yang sangatmenarik bagi anak. Karena dengan adanya media boneka anak akan tertarik dalam menyimakcerita yang dibawakan oleh orang tua atau guru. Cara tersebut sangat efektif terutama untukmengembangkan kemampuan bahasa anak, selain itu untuk mengembangakn kognitifkeerdasan anak usia dini. Anak seakan dapat merasakan suasan ayang sesunguhnya denganadanya boneka tersebut sesuai dengan cerita yang dibawakan. Selainitu melaui penuturan olehpencerita anak akan memperhatikan kata, bunyi dan eksresi pencerita, dari situ anak dapatbelajar dalam memahami berinteraksi, dan memahi bahasa. Bahasa menjadi aspekperkembangan anak yang sangat penting untuk diberikan stimulus. Tugas orang tua danpendidik agar dapat memberikan pengarahan dan ajaran anak agar anak dapatmengembangkan kemampuannya dengan baik. Kemampuan yang dikembangkan yaitukemampuan bahasa verbal maupun kemampuan bahasa nonverbal. Dalam artikel ini bertujuanuntuk memahami mengenai metode bercerita menggunakan media boneka dalammengembangkan bahasa anak usia dini. Agar anak nantinya dapat menyeimbangkankemampuan-kemampuan yang dimilikinya

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...