Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Kepulauan Lahan Kering
Vol. 1 No. 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 Edisi April 2020

STRATEGI PEMASARAN HASIL PERTANIAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DI DESA BAUMATA UTARA KABUPATEN KUPANG

Marthen Robinson Pellokila (Jurusan Sosial Ekonomi Pertania, Fakultas Pertanian Undana)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Pemasaran produk pertanian merupakan salah satu hal pokok yang perlu untuk diperhatikan dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Oleh karenanya strategi pemasaran produk pertanian ini sangat penting untuk diperhatikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan menjamin ketersediaannya baik untuk kebutuhan konsumsi langsung maupun input bagi industri. Karena pentingnya peranan pemasaran produk pertanian maka timbul kesadaran baru baik itu dikalangan petani sendiri maupun para akademisi serta pengambil keputusan (pemerintah). Adapun suatu kealpaan besar jika di dalam membicarakan masalah pemasaran produk pertanian tidak mengikutsertakan juga masalah perancanaan strateg i(strategic planning) sebab hal ini merupakan suatu konsep kebijakan di bidang pertanian yang cakupannya sangat luas. Hal demikian terutama sekali sehingga perlu untuk membangkitkan keasadaran di kalangan petani sering kali diperhadapkan dengan pengambilan keputusan untuk menerapkan strategi pemasaran produk pertanian yang tepat. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan tambahan infomasi kepada pihak kelompok petani “Tapin Patu” tentang strategi pemasaran hasil pertanian dalam upaya peningkatan pendapatan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode Pendidikan Masyarakat berbentu kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam bidang pemasaran hasil dan lingkup terkait didalamnya sehingga menyadarkan masyarakat akan pentingnya upaya pemasaran yang baik demi meningkatkan pendapatan keluarga. Kegiatan ini berlokasi di Desa Baumata Utara Kabupaten Kupang dengan jumlah petani sebanyak 32 orang pada tanggal 18 September 2018. Adapun hasil kegiatan pengabdian ini adalah terlaksananya kegiatan proses transformasi informasi tim penyuluh kepada peserta kegiatan. Hal ini tergambar dari komentar dan komitmen para petani untuk merubah strategi pemasaran hasil pertanian mereka dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmkelaker

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Public Health Veterinary

Description

Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (PKM) ini merupakan jurnal pengembangan dan penerapan IPTEKS yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat ...