Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Tabikpun
Vol. 1 No. 1 (2020)

Aplikasi Layanan Pengaduan Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

Dedi Darwis (Universitas Teknokrat Indonesia)
Ade Surahman (Universitas Teknokrat Indonesia)
Muhammad Khotimul Anwar (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik dalam proses pengaduan siswa dilakukan secara manual, yaitu siswa harus melakukan pengaduan dengan cara langsung menemui Guru BK dan menceritakan apa yang akan diadukan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menerapkan aplikasi layanan pengaduan berbasis web yang dapat diakses oleh siswa, admin/guru BK, orang tua/wali murid bahkan masyarakat umum sehingga dapat meningkatkan pelayanan. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah dimulai dari perencanaan pembuatan aplikasi, analisis dan perancangan aplikasi, pembuatan aplikasi, penerapan aplikasi, pengujian aplikasi, mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi, evaluasi ketercapaian hasil. Aplikasi yang dikembangkan telah diterapkan kepada pihak mitra, namun karena kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara online sehingga penggunaan aplikasi ini belum optimal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpkm_tp

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Education Health Professions

Description

JPKM Tabikpun publishes multidisciplinary articles from scholars and experts about practices of sciences and/or technology for society. The topics of interest include, but not limited to: • The use of science and/or technology to serve the community • The workshop in science, engineering and/or ...