Evaluasi pembelajaran dari siswa kepada pengajar dilakukan untuk mengukur kinerja mengajar dan meningkatkan kualitas pengajaran, sejauh mana materi dan metode yang digunakan oleh pengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model evaluasi proses pembelajaran pengajar (dosen) dari persepsi mahasiswa di Program Studi Akuntansi Universitas PGRI Yogyakarta dengan fuzzy logic. Obyek penelitian ini adalah pengajar/dosen di Universitas PGRI Yogyakarta Program Studi Akuntansi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa Program Studi Akuntansi UPY dengan menggunakan skala Likert. Kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran dosen ada empat yaitu Lecturer planning and preparation, Delivery techniques, Assessment, dan Student-lecturer relation. Model evaluasi proses pembelajaran dengan fuzzy logic menghasilkan nilai MAPE 0,033 dan R^2 sebesar 0,726. Â Kata Kunci: evaluasi proses pembelajaran, kriteria penilaian, fuzzy logic
Copyrights © 2019