JITTER (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan)
Vol. 1 No. 1 (2014)

CUSTOMER PROFILING PADA SUPERMARKET MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MEMILIH PRODUK BERDASARKAN SELERA KONSUMEN DENGAN DAYA BELI MAKSIMUM

Feri Sulianta (Universitas Widyatama)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2014

Abstract

Sebuah  supermarket  dengan  sistem  informasi  berbasiskan komputer  memiliki  data  transaksi  dan  data  master  yang  dikelola dengan baik. Manajemen ingin membuat strategi bisnis berdasarkan  penambangan  historis  data  transaksi  yang dimilikinya.  Salah  satunya  dengan  mencari  tahu  segmentasi pola  perilaku  pelanggan  atau  customer  profiling yang memiliki daya beli tinggi terhadap barang-barang tertentu. Untuk  itu  akan  dilakukan  pencarian  informasi  berharga terhadap  analisa  data  mining  dengan  aturan  klasterisasi menggunakan  algoritma  K-Means  dalam  mengelompokan pola belanja konsumen terhadap barang.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jitter

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan (JITTER) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Widyatama, Bandung. Jurnal ini diterbitkan sebagai wahana sosialisasi dan diseminasi hasil penelitian bagi kalangan akademisi maupun masyarakat luas, pada bidang teknologi informasi dan ...