JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 4 No 1 (2020): February Edition

PENGARUH PENERAPAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X TINGKAT SMK DI BUAY PEMUKA BANGSA RAJA

Asriani Asriani (STKIP Nurul Huda)
Miftakhur Rohmah (STKIP Nurul Huda)
Sigit Priyono (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis peserta didik kelas X SMK. penelitian eksperimen dengan desain postest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji t polled varians. Hasil penelitian yang diperoleh untuk penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) pada pembelajaran Ekonomi Bisnis di kelas X SMK dikategorikan. Hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis peserta didik dengan menerapkan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) masuk dalam kategori sedang dengan presentase 62,07%. Hasil belajar tanpa menerapkan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) dalam kategori sedang dengan presentase 76,92%. Sedangkan pengaruh penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnisdiperoleh hasil dengan harga thitungl 6,27 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung 6,27 tidak terletak diantara – ttabel < thitung < +ttabel yaitu -2,00 dan +2,00 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...