JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 4 No 1 (2020): February Edition

EVALUASI PENDIDIKAN EKONOMI PADA KURIKULUM 2013 DITINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Miftakhur Rohmah (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua sisi dari satu mata uang. Artinya, dalam proses pendidikan dua hal itu tidak dapat dipisahkan. Kurikulum tidak akan berarti tanpa diimplementasikan dalam proses pembelajaran; sebaliknya pembelajaran tidak akan efektif tanpa didasarkan pada kurikulum sebagai pedoman. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dilakukan sebelum pembelajaran (pre test) dan sesudah pembelajaran (post test) . Penerapan Kurikulun 2013 ditujukan agar guru memperoleh ruang yang lebih leluasa untuk mengembangkan potensi siswa secara seimbang dalam tiga aspek, yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Kurikulum ini harus dikawal dengan kebijakan yang sinergis. Dan akhirnya siswa dapat belajar dengan semangat, antusias, tidak bosan dan mampu menyerap nilai-nilai moral yang terkandung secara tersitat dalam setiap materi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...