JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 4 No 1 (2020): February Edition

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG

Oktavia Pawari (STKIP Nurul Huda)
Vovi Sinta (STKIP Nurul Huda)
Miftakhur Rohmah (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Model pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung bersifat terpusat yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik melalui implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII-2 berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Analisis data deskriptif kuantitatif menghitung ketuntasan belajar peserta didik tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS sebelum tindakan hanya mencapai 17,65% (rendah) dengan nilai rata-rata 40,00. Hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik setelah tindakan mencapai 94,12% dengan nilai rata-rata 80,00. Implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung setiap siklusnya sebesar 25,49%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...