Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 1, No 1 (2018)

KORELASI ANTARA PENGUASAAN TATA BAHASA (BUNPOU) DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG (HANASU KOTO) SISWA KELAS X MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIA) 7 SMA NEGERI 10 PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Liana Desti (Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Padang)
Zul Amri (English Language Education, Universitas Negeri Padang)
Nova Yulia (Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikanantara penguasaan tata bahasa (bunpou) dengan kemampuan berbicara bahasaJepang (hanasu koto) siswa kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 7 SMANegeri 10 Padang. Desain penelitian ini adalah desain korelasi. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Padang yang belajarbahasa Jepang yaitu, kelas X MIA 6, X MIA 7, dan X MIA 8. Jumlah totalpopulasi adalah 94 orang . Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposivesampling, yaitu kelas X MIA 7 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian inidikumpulkan menggunakan 2 tes, yaitu tes objektif pilihan ganda untukpenguasaan bunpou siswa dan tes unjuk kerja untuk kemampuan hanasu kotosiswa. Ada tiga rumusan masalah yang harus dijawab pada penelitian ini, yaitu:Pertama, penguasaan bunpou siswa. Kedua, kemampuan hanasu koto siswa.Ketiga, korelasi penguasaan bunpou dengan kemampuaan hanasu koto. Hasil darirumusan masalah pertama adalah skor penguasaan bunpou siswa berada padakualifikasi tuntas dengan skor 84,11. Hasil dari rumusan masalah kedua adalahkemampuan hanasu koto siswa berada pada kualifikasi tuntas dengan skor 90,22.Hasil perhitungan rumusan masalah yang ketiga adalah nilai korelasi dari duavariabel; penguasaan bunpou dan kemampuan hanasu koto adalah 0,392. Hal inimembuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan yangsignifikan antara penguasaan bunpou dengan kemampuan hanasu koto siswa.Kata Kunci : Bunpou, Hanasu koto

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...