Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari  goi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah permainan bursa kata efektif terhadap penguasaan goi siswa kelas X IPS SMA N 4 padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA N 4 Padang yang belajar bahasa Jepang yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 164 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu X IPS 2 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol dan X IPS 3 sebanyak 32 siswa  sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis berbentuk objektif. Hasil dari penelitian yaitu hipotesis (H1) diterima, hal itu dapat dilihat dari thitung lebih besar dari pada ttabel (5,64>1,67) . Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan bursa kata efektif untuk meningkatkan penguasaan goi siswa kelas X IPS SMA N 4 Padang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018