Keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia di lingkup sekolah dapat menyebabkan anak tidak dapat bereksplorasi secara luas. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif melalui pemanfaatan barang bekas untuk anak kelompok A. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus dalam penerapannya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan pada penelitian terdapat prosentase sebanyak 52,5%. Nilai diperkuat dari hasil pengisian angket sederhana oleh anak didik yang mencerminkan rasa senang. Terdapat 21 anak, 9 anak dengan prosentase 42,86% menyatakan senang. Sedangkan, 12 anak dengan prosentase sebanyak 57,41% menyatakan sangat senang dengan kegiatan pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian terlihat sangat meningkatkan pada kemampuan kognitif anak. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan hasil rata-rata perkembangan kemampuan peserta didik dalam mengenal bentuk, warna, mengelompokkan benda, dan mengurutkan melalui inovasi dalam pemanfaatan barang bekas.
Copyrights © 2019