Gema Kampus IISIP YAPIS Biak
Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Ilmu Administrasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KEARSIPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X AP 4 SMK NEGERI 1 BUNGORO DI KABUPATEN PANGKEP

Samsiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Kearsipan melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas X AP 4 SMK Negeri 1 Bungoro di Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara pelaksanaannya adalah observasi serta kolaborasi parstisipatif antara peneliti dengan guru mata pelajaran. Lokus penelitian ini di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun (Pangkep). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan evaluasi, serta refleksi, yang berlangsung secara kolaborasi dan partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif digunakan pada pembelajran Kearsipan dengan indikator pada pencapaian prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

gemakampus

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Gema Kampus Online Journal System ini merupakan sistem pengelolaan jurnal secara online di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) YAPIS Biak. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang terdaftar merupakan jurnal yang terbit di bawah naungan kelembagaan IISIP YAPIS ...