Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Penelitian Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran)

Rendra Gumilar (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik  terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas C yang berjumlah 48 mahasiswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket.Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas Kompetensi Pedagogik   beserta variabel terikat Hasil Belajar. Uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil penelitian dengan uji t yang pertama diperoleh = 4,691  = 1,9179. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar. Serta hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,262. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik  secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 26,2% dan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik  terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evaluasi pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...