Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik  terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas C yang berjumlah 48 mahasiswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket.Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas Kompetensi Pedagogik   beserta variabel terikat Hasil Belajar. Uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil penelitian dengan uji t yang pertama diperoleh = 4,691  = 1,9179. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar. Serta hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,262. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik  secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 26,2% dan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik  terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evaluasi pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019