Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

MARGINALISASI DAN MASKULINITAS LAKI-LAKI DALAM BUKU “SAH” BERDASARKAN MODEL THEO VAN LEEUWEN

Teti Sobari (Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Siliwangi Bandung)
Nina Nurhasanah (Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Siliwangi Bandung)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Ideologi yang terkandung dalam wacana akan memunculkan perasaan yang beragam dari pembaca terhadap wacana yang ditampilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara tokoh laki-laki dimarginalkan dalam buku “SAH” dan untuk mengetahui keterkaitan sikap laki-laki yang dimarginalkan dengan maskulinitasnya yang terdapat dalam buku “SAH”. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan cara menganalisis data kalimat berupa ucapan dan penjelas prilaku tokoh laki-laki dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh laki-laki dalam cerita tersebut dimarginalkan dengan model inclution. Sisi maskulin yang muncul berdasarkan sikap laki-laki yang tergambar dalam cerita dapat terungkap bahwa laki-laki yang maskulin menghindari sikap-sikap yang mengarah pada feminisme, senang menarik diri apabila merasa terkekang, senang berganti pasangan, diam dalam mengahdapi masalah, dan merasa bebas. Dengan demikian, alasan laki-laki dimarginalkan ternyata tidak lepas dari sisi maskulin laki-laki itu sendiri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...